Home » , » Mari Mengenal Teknologi 'Rumah Pintar'

Mari Mengenal Teknologi 'Rumah Pintar'

Jaman memang semakin maju. Setelah teknologi merambah dunia, dimana sekarang kita bisa memencet sebuah tombol dan dunia akan berada dalam genggaman kita lewat sebuah gadget dalam 1 genggaman, sekarang kita juga bisa mengontrol rumah kita, walau kita berada dalam ribuan kilometer dari rumah kita …..

Kesibukan kita sehari2 dalam pekerjaan kita, sering kali tidak mampu untuk kita terus memantau rumah kota. Memang ada satpam dan pembantu kita. Ada pula anjing kita yang akan dengan setia menjaga rumah kita. Tetapi baik satpam, pembantu dan anjing2 kita, mereka tidak bisa ‘melaporkan’ sesaat kapanpun mengenai keadaan rumah kita. Pun kita sendiripun tidak akan sempat untuk menelpon mereka, KECUALI sudah ada ‘kejadian’ di rumah kita.

Itu jika kita mampu membayar satpam, atau bisa memelihara anjing. Dan itu benar2 di ‘land house’, dimana satpam atau seekor anjing bisa dengan nyaman untuk berkegiatan. Tetapi bagaimana jika kita tinggal di sebuah apartemen, dimana biasanya apartemen sekarang hanya cukup untuk keluarga inti tanpa pembantu dan tidak boleh membawa anjing diatas? Walau di apartemen memang lebih aman dibanding dengan ‘land house’, tetapi bukan hanya keamanan ( security ) saja yang kita butuhkan, melainkan lebih ke kenyamanan dan keamanan bukan dari pihak luar, tetapi justru dari internal, seperti kebakaran ( safety ) …..

Memang, semuanya mengandung faktor resiko. Semakin maju teknologi, semakin maju pula sistem keamanan dan kenyamanan hidup kita. Dan tempat kita yang paling nyaman untuk tinggal adalah rumah atau apartemen kita.

Sebuah rumah merupakan tempat tinggal kita yang harus aman dan nyaman. Banyak juga yang mengatakan bahwa sebuah rumah juga harus bisa meningkatkan hidup kita, dan gaya hidup kita supaya kita mempunyai kepercayaan diri untuk bisa mengembangkan eksistensi kita lebih baik lagi. Jika kita mempunyai tempat tinggal, dan peduli dengan keamanan dan kenyamanan tempat tinggal kita, atau jika kita seorang arsitek atau desainer, kita harus merencanakan rumah kita, atau bermitra dengan sebuah tim khusus untuk memberikan semua apa yang kita butuhkan ….

Kita harus cerdas melangkah, karena untuk membangun tempat tinggal, kita harus menyatukan berbagai disiplin ilmu, termasuk pencahayaan, keamanan, kenyamaan, pengudaraan atau sekedar hiburan. Kita harus membangun ‘Rumah Pintar’ …..

1. Apa Yang Disebut 'Home Automation'
Sebuah rumah atau tempat tinggal, masing2 individu akan berbeda dalam hal kontrol & automatisasi. Beberapa orang mungkin berpikir tentang sekedar alarm untuk bisa memberitahukan ‘ada maling’. Tetapi pada kenyataannya, ada sebuah teknologi dan akan memberikan cara yang sesuai dengan gaya hidup kita, dan akan meningkatkan serta menambah kenyamanan, kemudahan serta keamanan rumah atau tempat tinggal kita.

Jika semua automatisasi dan kontrol rumah kita dilakukan dengan baik, hal itu akan menambah kenikmatan dan kita semakin ‘care’ dengan alat teknologi di rumah kita. Kita juga menghemat waktu kita, juga menghemat penggunaan energi untuk pengelolaan udara,air ataupun listrik. Hampir semuanya bisa dilakukn dan dikontrol dari sebuah panel kecil, sebut saja gadget kita yang selalu dalam genggaman kita ( iPad, iPhone, BB, smartphone, atau apapun ), dengan sentuhan sederhana dan elegan. Misalnya, kita dari kantor kita atau misalnya masih dalam mobil kita, mampu untuk bisa menyalakan tombol AC ( jika kita ingin udara rumah kita sudah dingin sesampainya di rumah ), mematikan lampu atau TV ( jika kelupaan ), ataupun sistim air serta heater dan hiburan.

Bisa mengontrol rumah kita hanya dalam 1 genggaman tangan kita lewat gadget kita

Sebuah contoh sederhana, ketika kita menekan 1 tombol pada panel atau gadget kita di samping tempat tidur, akan meredupkan lampu di seluruh ruah, mematikan musik dan mempersenjatai sistim keamanan. Setelah mendengar ’suara aneh’ di luar, alarm akan berbunyi, dengan hanya1 sentuhan saja. Kemudia, ketika ada alarma panggilan, tombol yang lain akan menyalakan lampu ke kamar mandi, atau tombol berikutnya bisa menyalakan musik lembut romantis ….. Sesederhana itu sebuah solusi ‘Rumah Pintar'

Sebuah ‘Rumah Pintar’ mempunyai automatisasi untuk mengintegrasikan semua sistim tersebut diatas, dan dirancang khusus untuk memungkinkan kita bisa mengontrol segalanya. Hanya dengan meng-’klik’ sebuah tombol pada gadget kita, semuanya bisa terwujud dalam rumah kita …..

2. Sistem ‘Multi Audio & Video’ serta ‘Home Theater’

Jika kita suka musik, kita bisa ‘mengisi’ seluruh rumah kita dengan ‘Mozart’. Atau bisa mengisi s3tiap kamar berbeda genre musiknya. Kita bisa merancang dan menginstal multi sistem ruang untuk musik dan video, dan yang penting, dimana-mana di setiap kamaar rumah kita semuanya adalah musik, musik dan musik ….. dum di dum di dum …..

Dengan pencocokan peralatan dalam lingkungan akustik, akan menyesuaikan sistem kontrol dengan kebutuhan kita untuk memberikan kita sebuah sistem yang sangat mudah digunakan! Speaker tersembunyi akan memberikan suara yang indah tanpa lelanggar estetika rumah. Bukan hanya di dalam rumah saja, tetapi bisa juga di area taman atau kolam renang kita …..

3. Sistem ‘Home Networking’

Home Networking merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh ‘Rumah Pintar’. Bukan hanya untuk komputer, musik dan video saja, melainkan Home Networking merupakan KUNCI UNTUK MENGAKSES SEGALANYA.

Dalam teknologi canggih ini, jaringan bukan berupa per-kabelan, tetapi sudah merupakan ‘jaringan nir-kabel’. Jika dalam membangun jaringan kabel, harus sebelum rumah selesai, tetapi untuk jaringan nir-kabel, bisa setiap saat kita merancangnya, tanpa harus bongkar pasang rumah kita.

4. Sistem ‘Home Security & Control Home Access

Mengintegrasikan keamanan rumah kita dengan sistem ontrol akses kedalam desain rumah bukan suatu yang mustahil. Bukan hanya memberikan yang paling aman untuk kita saja, tetapi menambahkan tingkat baru kenyamanan gaya hidup kita.

‘Rumah Pintar’ mengintegrasikan sistem keamanan di rumah yang terhubung, memungkinkan alarm, pencahayaan dan kamera sirkuit tertutup untuk dikelola dari satu panel kontrol. Televisi sirkuit tertutup, kamera jarak jauh dan sensor memberikan in-house dan pemantauan jarak jauh. Distribusi yang terintegrasi dari kamera ini dapat memberikan fasilitas untuk memantau dari layar TV di rumah. Jaringan interfacing sistem ini maka dapat memberikan fasilitas melihat salah satu kamera dari mana saja di dunia secara real time melalui web atau gadget kita. Integrasi dengan sistem kontrol akses dapat memberikan mempersenjatai otomatis dan semua sistem pemantauan jarak jauh.

Dengan sistem seperti ini pulang ke rumah akan selalu menjadi kesenangan. Bayangkan ini :

Pada mendekati rumah, kita menekan tombol pertama pada fob kunci untuk membuka gerbang utama. Menekan tombol kedua membuka pintu garasi, ketiga menonaktifkan keamanan dan rilis keempat pintu akses ke rumah dan mengaktifkan adegan rumah menyambut beralih pada lampu, AC dan tirai pembuka. Dan ….. taraaaaaa, AC sudah dihidupkan, musik romantis sudah dinyalakan, siap untuk terbang ke alam mimpi ……

5. Sistem ‘Home Communication & Intercom’

‘Rumah Pintar’ juga mampu menginstal sistem digital PABX, yang memungkinkan telekomunikasi ‘multi line atau multi extention’. Juga menyediakan fasilitas intercom antar ruangan di rumah kita dan kemampuan untuk berkomunikasi dan mengoperasikan apapun, dari hanya sekedar panggilan telepon.

Diinstal dalam hubungannya dengan sistem kabel terstruktur Anda akan memiliki fleksibilitas untuk memiliki jalur masuk dialihkan ke kamar masing-masing untuk layanan seperti fax dan internet dan fasilitas untuk merelokasi ekstensi ke bagian lain dari rumah dalam hitungan menit.

6. Sistem ‘Home Lighting Control’

Sebuah sistem pencahayaan dirancang dengan baik adalah bagian besar dari apa yang membuat ‘Rumah Pintar’ khusus. Tidak hanya itu dapat dengan mudah mengatur suasana hati di dalam rumah, sistem kontrol pencahayaan dapat beroperasi sebagai tulang punggung untuk sistem otomatisasi berbagai rumah yang digunakan dalam rumah pintar.

Yang terbaik dari semua, menciptakan suasana yang kita inginkan dari menyambut kita pulang, menghibur tamu atau mematikan lampu untuk malam dapat yang sederhana seperti menekan satu tombol. Setiap panel sentuh dapat memiliki pencahayaan beberapa ‘adegan’ di program dalam, seperti ‘Romantic Dinner’, ‘Persiapan Meal’ atau ‘Waktu Movie’.

7. Sistem ‘Energy & Water Management’

Sebuah rumah yang benar-benar cerdas adalah salah satu yang cukup pintar untuk mengelola energi dan penggunaan air untuk Anda. Ini manfaat tidak hanya lingkungan - memberikan keuntungan keuangan yang terukur juga, baik dalam tagihan energi dan air berkurang dan nilai jual kembali tambah untuk rumah kita.

Sebuah smart meter dapat menghemat uang dengan menggunakan off-peak listrik untuk banyak kebutuhan rumah Anda. Sebagai contoh, pompa kolam renang dapat diatur untuk dijalankan pada malam hari, atau air panas di kamar mandi kita sudah siap sebelum fajar.

Penghematan energi melalui jenis tindakan dapat menjadi signifikan. Hal ini tidak hanya mengurangi tagihan listrik kita, tetapi juga memberikan nilai tambah yang cukup besar untuk rumah kita.

Teknologi rumah pintar ini juga membantu kita mengelola penggunaan air di dalam dan sekitar rumah. Sistem yang sama yang mengontrol pencahayaan, pemanasan, dan keamanan juga dapat mengontrol sistem irigasi taman rumah, menggunakan kombinasi kontrol timer dan sensor kelembaban tanah. Air hanya digunakan ketika dibutuhkan, dan dalam waktu yang diijinkan sesuai dengan pembatasan air saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Sesepuh-ilmu | IT-CLUB SMANTAS | maskolis
Copyright © 2013. Edutech Bonlap's - All Rights Reserved
Template Designed by Farhan Faturrochman
Proudly powered by Blogger